oleh

Cek Fakta Kirim IMEI ke Alamat Email [email protected] Jika Ponsel Hilang, Benarkah?

Cek Fakta Kirim IMEI ke Alamat Email [email protected]

 Carilahmas.com Pada 18 September 2019, akun Facebook bernama Indrawati Titi mengunggah tips jika ponsel hilang, dengan menggunakan International Mobile Equipment Identity (IMEI) atau kode unik dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.

Berikut isinya:

TIPS JIKA HP HILANG

Tips apabila kehilangan handphone dari pencurian / kehilangan​.“`

*Jika handhpone anda hilang. Di curi atau tertinggal di suatu tempat. Namun anda lupa.**Tahukah Anda..!!!**Anda bisa melacaknya.*

“`Kebanyakan dari kita senantiasa bingung waktu hp kita dicuri/hilang.“`

*Setiap hp memiliki no IMEI yaitu* *_(International Mobile Equipment Identity.)_* *Yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan hp anda di mana saja di seluruh dunia.*

“`Cara melihat fungsi dari IMEI.“`

*1. Tekan *#06# lalu ok/call pada hp anda.*

*2. Hp anda akan menunjukkan ​15 digit no IMEI yang unik.*

*3. Catat no IMEI tersebut di tempat yang aman. Jangan catat di dalam hp anda sendiri. Karena ini adalah nomor yang akan membantu melacak hp anda apabila hp anda dicuri atau hilang.*

*4. Seandainya hp anda dicuri, anda hanya perlu ​E-mail 15 digit No. IMEI ke [email protected]​ beserta data-2 seperti di bawah.*

*Nama anda:*____________________*Alamat:*______________________*Model hp:*_________________*Buatan:*_________________________*No. terakhir digunakan:*_________________*E-mail untuk dihubungi:*_____

*Tgl kehilangan:*___________________*No. IMEI:*_______________________

*5. Tidak perlu ke kantor polisi.*

*6. Hp Anda akan terlacak dalam tempo 24 jam melalui sistem GPRS dan internet. Anda akan dapat melacak di mana posisi hp anda berada. Walaupun kartu SIM anda telah ditukar.*

*_MOGA BERMANFAAT* 🤗🤗

Kridit Ilham Ilo Aco

Sejak kali pertama dipublikasikan di Facebook, unggahan tersebut telah dibagikan setidaknya sebanyak 1.200 kali.

Benarkah cukup menggunakan IMEI jika ponsel hilang dan tak perlu lapor polisi? Mari kita cek fakta!2 dari 5 halaman


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Kirim IMEI ke Alamat Email Cop@vsnl.net
Cek Fakta Kirim IMEI ke Alamat Email [email protected]

Pengecekan IMEI memang bisa dilakukan salah satunya melalui dial unstructured supplementary service data atau USSD: *#06# lalu ok/call, seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Dalam artikel berjudul, 3 Cara Cek IMEI Smartphone, Gampang Banget Tak Perlu Buka Dus yang dimuat Tekno Liputan6.com pada 1 Maret 2019, IMEI juga bermanfaat untuk mengatasi pencuri yang mengambil smartphone Anda.

Caranya dengan melacak keberadaan smartphone menggunakan IMEI. Di samping itu, pihak provider juga dapat membantu pemblokiran sementara pada perangkat yang dicuri.

Pencuri tidak akan bisa menggunakan barang curian tersebut dalam jangka waktu panjang. Lokasi atau keberadaan dari pencuri tersebut bisa dilacak melalui kantor provider yang Anda gunakan.

Dalam unggahan akun Facebook bernama Indrawati Titi disebutkan, “Seandainya hp anda dicuri, anda hanya perlu ​E-mail 15 digit No. IMEI ke [email protected]​ beserta data-2 seperti di bawah.*”

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com terhadap alamat [email protected] ditemukan fakta berikut ini:

Pencarian tersebut mengarah ke situs www.copvsnl.net.in, yang menyebut bahwa alamat email [email protected] tak lagi berfungsi. 

[email protected] adalah id Kepolisian Chennai (India) yang tak lagi berfungsi, kali pertama dipublikasikan di situs The Hindu, dan kemudian sejumlah pengguna internet secara acak mulai memposting artikel yang menyebut bahwa alamat Kepolisian Chennai sangat membantu ketika seseorang kehilangan ponsel,” demikian cuplikan dalam situs copvsnl.net.in.

Internet kemudian dibanjiri dengan unggahan yang menyebut, mereka yang kehilangan ponsel bisa menemukan kembali miliknya jika mengirim email bersama dengan beberapa informasi ke alamat tersebut.

click for follow us on Facebook carilamas always be updated, get berita terkini on time Share on Social Media

Umpan Berita