oleh

HEADLINE: Liga-Liga Elite Eropa Bergulir Lagi, Bagaimana Kompetisi saat New Normal?

Elite Eropa Bergulir Lagi
Elite Eropa Bergulir Lagi

Elite Eropa Bergulir Lagi,Bagaimana Kompetisi saat New Normal?

 Carilahmas.com Sepak bola di stadion kosong memang bukan pilihan ideal. Namun, ketimbang menunggu terlalu lama tanpa ada kejelasan kapan berakhirnya pandemi corona Covid-19, liga-liga elite di Eropa pun siap bangkit.

Physical Distancing di Lapangan

Elite Eropa Bergulir Lagi
Elite Eropa Bergulir Lagi

Kini, La Liga, Liga Inggris, dan Serie A pun akan mengalami hal yang sama. Duel pembuka kembali di La Liga, Derby Andalusia: Sevilla vs Real Betis, tarung AC Milan vs Juventus di Serie A, serta pertemuan dua tim papan atas Liga Inggris, Liverpool vs Manchester City pun terancam hambar karena tak disaksikan suporter di stadion.Tak hanya itu, masih ada sejumlah protokol lainnya yang harus dijalankan, seperti juga di Bundesliga. Mungkin teknisnya berbeda-beda di setiap liga. Namun, intinya sama, menjaga pemain dan semua pihak dari paparan virus.

Soal physical distancing misalnya, tetap harus dijalankan para pemain dan pihak-pihak yang terlibat dalam pertandingan.Akan ada protokol yang mengatur jumlah dan jarak aman orang-orang yang terlibat dalam pertandingan di dalam stadion. Liga Inggris sempat mengeluarkan wacana hanya akan membolehkan 300 orang saja, termasuk pemain, pelatih dan wasit di dalam stadion.

Saat di lapangan, dipastikan juga tidak ada lagi selebrasi gol dengan cara saling berpelukan dan berkerumun.Yang ada, sang pencetak gol merayakannya sendiri. Atau, paling tidak dia hanya mengadu siku dengan rekan-rekan lainnya.

Saat menuju stadion, di ruang ganti, bahkan saat di bus menuju stadion pun, para pemain diharuskan menjaga jarak. Bahkan, seperti dilakukan di Bundesliga, para pemain cadangan bukan tak mungkin ditempatkan di bangku penonton, sehingga bisa mengatur jarak yang ideal, minimal dua meter. Jaga jarak juga diterapkan saat para pemain memasuki lapangan pertandingan. Hal yang sama juga dilakukan oleh wasit dan timnya.Jaga juga pasti akan diterapkan saat jumpa pers, sebelum dan sesudah pertandingan. Tidak akan ada lagi, para wartawan mengerumuni pemain atau pelatih untuk meminta komentar.

Elite Eropa Bergulir Lagi
Elite Eropa Bergulir Lagi

Kini, liga-liga elite Eropa lainnya, juga bersiap untuk mengikuti jejak Bundesliga. Berturut-turut, La Liga Spanyol, Liga Inggris, dan Serie A Liga Italia akan melanjutkan kompetisi mereka mulai, 12, 17, dan 20 Juni 2020.

Protokol Khusus

Elite Eropa Bergulir Lagi
Elite Eropa Bergulir Lagi

Sebelumnya, liga-liga elite ini menghentikan kompetisi mereka pada tanggal 10 Maret 2020.

Bahkan, Liga Champions dan Liga Europa pun juga sudah bersiap-siap memulai lagi kompetisinya di era new normal. Terakhir ajang paling elite antarklub dunia ini telah memasuki fase 16 Besar.

Secara resmi UEFA memang belum mengumumkan di situs mereka. Namun, UEFA kemungkinan mengambil opsi di mana Liga Champions akan mulai dilanjutkan pada 7-8 Agustus 2020, dengan asumsi kompetisi domestik telah menyelesaikan musim.

click for follow us on Facebook carilamas always be updated, get berita terkini on time Share on Social Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umpan Berita