oleh

kue kering keju renyah

Resep kue kering keju renyah Renyah Gurih

kue kering keju renyah
kue kering keju renyah

Resep Kue Kering Semprit Sagu Keju – Kue semprit merupakan kue kering khas lebaran Idul Fitri yang memiliki rasa enak, manis, lembut dan renyah lumer ketika dikunyah. Ini lah salah satu yang membuat kue jadul semprit banyak di sukai banyak orang. Selain terkenal dengan nama kue semprit, kuker ini juga memiliki julukan lain yaitu kue sagu dan juga kue bangkit.

Dulu resep ku kering semprit sagu hanya memiliki rasa original yaitu kue semprit vanilla. Namun karena banyak orang yang berkreasi dengan resep kue kering semprit sagu, maka kue semprit kini sudah banyak memiliki variasi rasa dengan bentuk yang beraneka macam kreasinya.

Bahan-bahan :

  • Tepung sagu 300 gram (sagu tani)
  • Daun pandan 2 lembar
  • Margarine 100 gram
  • Mentega (butter) 50 gram
  • Gula halus 150 gram
  • Kuning telur 1 butir
  • Keju cheddar 100 gram, parut
  • Santan kental instan kara 50 mili liter

Proses Membuat Kue Kering Semprit Sagu Keju :

  1. Langkah awal sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan menggunakan api kecil sampai daun pandan menjadi kering. Angkat, dinginkan.
  2. Selanjutnya kocok margarine dan mentega sampai putih dan lembut, lalu masukkan gula, kocok rata. Lalu tambahkan kuning telur, kocok kembali sampai rata.
  3. Campur tepung sagu dan keju parut, lalu tuang bertahap ke dalam adonan mentega, aduk rata.
  4. Tambahkan santan, aduk lagi sampai rata.
  5. Masukkan adonan kedalam plastik contong (paping bag segitiga), kasih spuit bintang, lalu semprotkan kedalam loyang kue kering yang sebelumnya sudah diolesi mentega.
  6. Oven kurang lebih selama 40 menit dengan panas oven 125 derajat celcius. Beda oven beda juga panas dan beda waktunya ya, jadi silahkan kenali oven masing-masing.
  7. Angkat, dinginkan lalu masukkan ke dalam toples kedap udara.

Jangan sampai tertukar tepung sagu dengan tepung tapioka ya Bun, nanti keju sagunya keras dan berbunyi “klethak” dan bukan “prul” lembut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umpan Berita