Puasa Tasu’a dan Asyura bulan Muharram

Puasa Tasu'a dan Asyura bulan Muharram
Puasa Tasu'a dan Asyura bulan Muharram
Puasa Tasu’a dan Asyura bulan Muharram

Carilahmas.com :- Puasa Tasu’a dan Asyura bulan Muharram: Hadits, Keutamaan, dan Jadwalnya

Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan Allah SWT. Di salah satu bulan yang suci ini, umat Islam dapat mengerjakan ibadah sunnah yaitu puasa Tasu’a dan Asyura.

Sebagai bulan yang dimuliakan Allah, mengerjakan amalan kebaikan di bulan ini akan tercurah kebaikan pula kepadanya. Abu Dzar ra berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Malam apakah yang lebih baik dan bulan apakah yang lebih utama?” Beliau menjawab” “Sebaik-baiknya malam adalah pertengahannya. Bulan yang paling utama adalah bulan Allah yang kalian sebut Muharram.” (HR. An-Nasa’i)

Puasa di bulan Muharram adalah paling utama setelah puasa Ramadhan. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Di antara puasa yang bisa dikerjakan pada bulan Muharram adalah puasa Tasu’a dan Asyura. Puasa Tasu’a dan Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke 9 dan 10 bulan Muharram.

Hadits Puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura dijelaskan dalam beberapa riwayat. Dikutip dari buku “Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 4” oleh Pustaka Imam Asy-Syafi’i, berikut beberapa hadits yang menerangkan tentang keberadaan kedua puasa tersebut.

Hadits No. 1251

“Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Saw berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa pada hari itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits No. 1253

“Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah Saw bersabda: ‘Seandainya aku masih hidup tahun depan, sungguh aku akan berpuasa pada tanggal sembilan (Muharram).” (HR. Muslim).

Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura

Dikutip dari buku Panduan Muslim Sehari-hari oleh Hamdan Rasyid dan Saiful Hadi El-Sutha, keutamaan berpuasa pada hari Asyura, hari kesepuluh bulan Muharram adalah diampuninya dosa satu tahun yang telah lalu. Demikian juga dengan puasa pada hari kesembilan (puasa Tasu’a).

Keutamaan ibadah sunnah ini disebutkan dalam hadits Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Jadwal Puasa Tasu’a dan Asyura 2021

1 Muharram 1443 H jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Sehingga, tanggal 9 dan 10 Muharram jatuh pada hari berikut ini:

9 Muharram 1443 H : Rabu, 18 Agustus 2021 (Puasa Tasu’a)
10 Muharram 1443 H : Kamis, 19 Agustus 2021 (Puasa Asyura)

Selamat menjalankan ibadah puasa Tasu’a dan puasa Asyura!

click for follow us on Facebook carilamas always be updated, Berita Terkini,  get on time

.

carilahmas

Berita Terkini Detik Hari Ini - Kabar Terbaru |

Tinggalkan Balasan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Berita Terkini Detik Hari Ini | Carilahmas.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: